Fakta Fakta Ajaib tentang Cabe yang Belum Kamu Tau!



Lidah orang Indonesia biasanya menyukai makanan yang pedas. Oleh karena itu, jika mendengar kata cabai sudah tidak begitu asing lagi. Tanaman yang mampu membuat lidah orang bergoyang ini ternyata terdapat lebih dari 140 varietas cabai yang dapat ditemukan. Selain itu tanaman ini juga mampu bermutasi dengan cepat.


Nah, jika kamu mengaku pecinta cabai, kamu harus tahu lebih dalam mengenai fakta-fakta tentang cabai

Gigitan kedua cabai lebih pedas dibandingkan dengan gigitan pertama, 

ketika kamu memakan cabai yang masih mentah, pasti kamu akan merasakan gigitan kedua lebih pedas dibandingkan gigitan pertama. Hal ini disebabkan karena adanya konsentrasi capsaicin,yang merupakan bagian cabai yang paling dekat dengan batang sehingga terasa lebih pedas

Hanya mamalia yang sensitif pada pedasnya cabai, 

rasa pedas dari cabai sering membuat mulut manusia terasa pedas, tetapi hal seperti ini tidak berlaku pada burung. Hal inilah yang membuat burung mampu membantu menyebarkan benih tanaman cabai.

Cabai memiliki skala pedas,

karena cabai memiliki banyak jenis rasa pedas, maka terdapat alat yang berupa skala Scoville atau alat pengukur tingkat kepedasan, yang ditemukan oleh Wilbur Scoville yang merupakan seorang apoteker

Berbagai jenis cabai berasal dari spesies yang sama,

meskipun cabai memiliki banyak jenis tetapi mereka tetap cabai dari spesies yang sama. Yang dikelompokkan menjadi lima spesies, yakni C. annuum, C. baccatum, C. chinense, C. frutescens, and C. pubescens. Diantara kelima spesies tersebut terdapat satu spesies yang sering digunakan oleh manusia, yaitu Capsicum annuum seperti paprika dan japalenos.

Berbagai jenis paprika berasal dari tanaman yang sama,

seperti yang kita ketahui bahwa paprika mempunyai banyak warna seperti merah, hijau, kuning dan orange. Walaupun warna nya berbeda tetapi paprika berasal dari tanaman yang sama, hanya saja yang berwarna hijau masih masih mentah dapat berubah menjadi warna kuning dan kemudian menjadi warna merah saat paprika tersebut telah matang. Paprika yang berwarna hijau cenderung memiliki rasa yang cukup pahit, sebab paprika ini tidak memiliki bahan kimia yang sama dengan paprika warna lainnya.


Tag : Serba Serbi
Back To Top